-->

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

Cara membuat blog di blogger ini sangat mudah untuk pemula jika ingin membuat blog sendiri. Banyak situs yang memberi layanan hosting atau domain blog secara gratis, diantaranya blogger, wordpress, blogsome, dan sebagainya. Tetapi sebelum kita membahas tentang cara membuat blog gratis ini, bagi pemula yang belum banyak mengetahui tentang blog, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa pengertian dari blog itu sendiri.

Blog adalah situs pribadi, sedangkan orangnya disebut blogger. Blog berbeda dengan website yang setiap kali memposting harus susah payah memakai kode ekstensi seperti .html .php, .asp, dan sebagainya. Blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tersebut sehingga karena sudah diotomatisasi itulah, maka kita semua yang lugu teknologi dapat membuat blog pribadi untuk memposting apa yang kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman atau ke milis dengan mudah.

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis
Karena kemudahan inilah maka semua orang bahkan pemula pun dapat membuat blog gratis atau situs pribadi sama halnya dengan membuat email. Tak heran apabila pemilik blog menjadi bervariasi, mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar, cewek-cewek "ramah" di pasar senggol, sampai profesor dan menteri-menteri dengan tujuan yang berbeda-beda.

Sebelum membuat blog di blogspot, Sobat harus memiliki email terlebih dahulu. Jika Sobat belum memiliki email dapat membaca dalam artikel saya yang lain cara membuat email baru di Gmail.

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

  • Langkah pertama, silahkan kungjungi website blogger.com
  • Langkah kedua, setelah page terbuka silahkan klik Create An Account. Kemudian akan muncul form untuk mengisikan Username dan Password. Silahkan isi dan harus selalu ingat Username dan Password yang anda isikan. Jangan lupa untuk menceklist Term of Service Agreement. Kemudian klik Continue untuk melanjutkan ke langkah ketiga
  • Langkah ketiga, dibagian ini saya anggap sangat penting, karena nama dari blog nantinya akan menjadi sebuah keyword. Sebaiknya agar blog mudah terindex oleh search engine (mesin pencari), maka alangkah lebih baiknya jika membuat sebuah kesamaan antara Addres dan Username dari blog yang kita buat. Kemudian klik Continue untuk melanjutkan ke langkah keempat
  • Langkah keempat, tentukan warna dan bentuk dari blog yang kita buat. Silahkan pilih sesuai dengan topik dan selera. Klik OK jika sudah selesai memilih template, sekarang kita akan lanjut ke langkah berikutnya. Sekarang klik Continue untuk melanjutkan ke langkah kelima
  • Langkah kelima, blog sudah selesai dibuat, dan sekarang di browser akan ada tulisan Your Blog Has Beeb Created, klik Start Posting untuk membuat artikel atau tulisan pertamamu.
Selamat mencoba dan cukup sekian cara membuat blog di blogger gratis ini, jangan lupa tinggalkan komentar untuk kritik dan sarannya, terima kasih. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: