Untuk
menjadi juara di Search Engine Google, yang pertama harus kita ketahui adalah apa
yang disukai dan tidak disukai oleh Search Engine Google. Dengan mengetahuinya kita
dapat mengerti sebenarnya apa yang diinginkan oleh Search Engine Google untuk
menjadikan blog kita menjadi juara ditempatnya. Rasanya tidak mungkin jika kita
tidak disukai kemudian kita ditempatkan pada posisi yang istimewa bukan?
Sobat
ingin juara di Search Engine Google?
berikut adalah kriteria blog yang disukai dan tidak disukai oleh Search Engine
Google.
(i) Google tidak menyukai spam
Google sangat
memerangi terhadap keberadaan spam ini. Pada sebuah blog hal yang paling sensitif
terhadap adanya spam ini adalah kolom komentar, karena setiap orang dapat
memberikan komentar apapun dengan tujuannya masing-masing. Salah satu cara untuk
mengurangi spam pada kolom komentar adalah dengan melakukan moderasi sebelum
menerbitkan komentar yang ada, tetapi tentu semua ada nilai positif dan
negatifnya. Tentang kelebihan dan kekurangan moderasi komentar ini, mungkin
akan saya bahas di lain kesempatan. Jadi, jika ingin menjadi juara di Search
Engine Google sedapat mungkin menghilangkan spam ini dari blog Sobat.
(ii) Google suka blog dengan niche khusus
Banyak kita menemui
blog yang menyajikan banyak topik yang dibahas (seprti blog ini ya, hehehe...).
Tetapi sebenarnya Google kurang menyukai hal tersebut. Jika memang ingin membuat blog dengan niche yang beragam, tentu harus melakukan optimasi template dan
artikel yang jelas, agar Google tidak bingung saat berada di halaman blog dengan
Sobat.
(iii) Google suka dengan blog dengan banyak artikel
Dengan memiliki
konten yang banyak, maka sebuah blog akan lebih dapat menyediakan apa yang dibutuhkan
oleh pengunjung. Seperti kita tau, pengunjung sebuah blog datang untuk mencari
sesuatu yang dicarinya. Maka sedapat mungkin kita menyediakan apa yang
dibutuhkan oleh pengunjung tersebut tanpa mereka harus berpindah-pindah blog.
(iv) Google suka dengan artikel yang unik
(iv) Google suka dengan artikel yang unik
Walaupun
Google suka dengan blog dengan banyak artikel, tetapi harus dengan topik
pembahasan yang berbeda-beda. Bukan satu topik dibahas berulang-ulang hanya
dengan mengubah gaya bahasa saja. Artikel unik juga dapat diartikan bukan
artikel copy-paste tanpa merubah sedikitpun tata bahasanya. Jika memang kita tertarik
pada artikel blog lain, sedapat mungkin kita tulis ulang dengan bahasa dan cara
kita sendiri.
(v) Google suka dengan artikel yang disukai
pembaca
Google
juga memperhitungkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan oleh pengunjung berada
pada sebuah halaman blog. Perhitungannya adalah bila dalam artikel tersebut ada
sekian kata, maka normalnya pengunjung akan menghabiskan waktu sekian untuk
membaca sampai habis artikel tersebut. Jika ternyata pengunjung berada pada
halaman tersebut kurang dari waktu yang diperkirakan, maka Google menganggap artikel
tersebut tidak disukai oleh pengunjung atau bukan merupakan artikel yang mereka
cari.
(vi) Google suka dengan blog yang banyak
backlink
Dengan
mempunyai banyak backlink, maka dapat diasumsikan bahwa halaman tersebut banyak
yang menyukainya, dan hal ini tentu disukai juga oleh Google. Banyak backlink
tentu juga harus berasal dari banyak domain, jika backlink didapat hanya dari
satu atau beberapa domain saja, tentu ini tidak normal, jika hal tersebut
terjadi pada blog Sobat, berarti Sobat telah menyalakan alarm spam Google untuk
blog yang Sobat kelola.
Kesimpulannya,
jika Sobat telah melakukan semua yang disukai oleh Google dan menghindari apa
yang tidak disukainya, apakah Sobat sudah menjadi juara di Search Engine
Google? Belum tentu! Hal yang perlu diingat adalah orang lain juga melakukan
optimasi untuk menjadi juara di Search Engine Google pada blog mereka. Apakah
mereka sebaik kita? Inilah salah satu hal yang dapat mendorong kita untuk terus
belajar dan belajar menjadi lebih baik.
Sekian
artikel Ingin Juara di Search EngineGoogle? ini, semoga bermanfaat dan bila ada sesuatu yang salah atau kurang
mohon dimaafkan. Semoga blog Sobat dapat menjadi juara di Search Engine Google.